Friday, August 5, 2011

STANDAR PELAYANAN KEBIDANAN

A.      STANDAR  PELAYANAN  KEBIDANAN
Pelayanan kebidanan adalah bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan oleh bidan yang telah terdaftar (terregister) yang dapat dilakukan secara mandiri, kolaborasi atau rujukan.
Menurut Prof. Wila Chandrawilas, dalam melaksanakan profesinya,seorang tenaga kesehatan perlu berpegang kepada tiga ukuran umum,yaitu ( 1 ) kewenangan (2) kemampuan rata-rata dan  (3) ketelitian. 
Standar Pelayanan kebidanan:
o    Standar  I : Falsafah dan Tujuan                                                       
Pengelola pelayanan kebidanan memiliki visi,misi,filosofi  dan tujuan pelayanan serta  organisasi pelayanan sebagai dasar untuk melaksanakan tugas  pelayanan yang  efektif  dan efisien.

       Definisi operasional
a.        Pengelola  pelayanan kebidanan memiliki visi ,misi dan filosofi  pelayanan kebidanan yang   pada visi,misi dan filosofi masing-masing.
b.       Ada bagian struktur organisasi yang menggambarkan garis komando,fungsi  dan tanggung jawab serta kewenangan dalam pelayanan kebidanan dan hubungan dengan unit lain dan disahkan oleh pimpinan.
c.        Ada uraian tertulis untuk  setiap tenaga yang ada pada organisasi yang disahkan oleh pimpinan.
d.       Ada bukti tertulis tentang persyaratan tenaga yang menduduki tenaga yang menduduki jabatan organisasi yang disahkan oleh pimpinan.

o    Standar II :Administrasi dan Pengelolaan
Pengelola  pelayanan kebidanan memiliki pedoman pengelolaan pelayanan,standar pelayanan,prosedur  tetap dan pelaksanaan kegiatan pengelolaan pelayanan yang  kondusif  yang  memungkinkan terjadinya praktik  pelayanan kebidanan akurat.
Definisi  operasional
a.        Ada  pedoman penyelenggaran pengelolaan pelayanan yang  mencerminkan mekanisme  kerja di unit pelayanan tersebut oleh pimpinan.
b.       Ada standar pelayanan yang di buat mengacu pada pedoman standar alat,standar ruangan,standar ketenangan yang telah disahkan oleh pimpinan.
c.        Ada prosedur tetap untuk setiap jenis kegiatan / tindakan kebidanan yang disahkan oleh pimpinan.
d.       Ada rencana / program kerja di setiap institusi pengelolaan yang mengacu ke institusi induk.
e.       Ada bukti tertulis terselenggaranya pertemuan berkala secara teratur,dilengkapi dengan daftar  hadir dan notulen rapat.
f.         Ada naskah kerjasama,program praktik dari institusi yang menggunakan lahan praktik,program,pengajaran klinik dan penilaian klinik.
o    Standar  III :Staf Dan pimpinan
Pengelola pelayanan kebidanan mempunyai program pengololaan sumber daya manusia,agar pelayanan kebidanan berjalan efektif dan efisien.
Definisi operasional
a.        Ada program kebutuhan SDM sesuai dengan kebutuhan 
b.       Mempunyai jadwal pengaturan kerja harian 
c.        Ada jadwal dinas yang menggambarkan kemamapuan tiap-tiap per  unit yang mendududki tanggung  jawab dan kemampuan yang  dimiliki oleh bidan
d.       Ada seorang bidan pengganti dengan peran dan fungsi yang jelas dan kualifikasi minimal selaku kepala ruangan berhalangan tugas.
e.       Ada data personil yang bertugas di ruangan tersebu

o    Standar  IV: Fasilitas dan peralatan
Tersedia sarana dan peralatan untuk mendukung tercapainya tujuan pelayanan kebidanan sesuai dengan beban tugasnya dan fungsi intitusi pelayanan.
Definisi operasional
a.        Tersedia peralatan sesuai dengan standar dan ada mekanisme keterlubatan
b.       Ada buku inventaris peralatan yang mencerminkan jumlah barang dan kualitas barang
c.        Ada pelatihan khusus untuk bidan tentang penggunaan alat tertentu
d.       Ada prosedur permintaan dan penghapusan alat

o    Standar  V :Kebijaksanaan dan prosedur
Pengelola pelayanan kebidanan memiliki kebijakan dalam penyelenggaraan pelayanan kebidanan pembinaan personil menuju pelayanan yang berkualitas.
Definisi  operasional
a.        Ada kebijaksanaan tertulis tentang prosedur pelayanan dan standar pelayanan yang disahkan pimpinan
b.       Ada prosedur prosuder  personalia : penerimaan pegawai kontrak kerja,hak dan kewajiban personalia .
c.        Ada personalia cuti personil,istirahat ,sakit dan lain-lain
d.       Ada prosedur pembinaan personal

o    Standar  VI:Pengembangan Staf dan Program Pendidikan
Pengelola pelayanan kebidanan memilik program pengembangan staf dan perencanaan ,sesuai dengan kebutuhan pelayanan
Definisi operasional
a.        Ada program pembinaan staf dan program pendidikan secara berkesinambungn
b.       Ada program pelatihan dan orientasi bagi tenaga bidan /personil baru dan lama agar dapat beradptasi dengan pekerjaan.
c.        Ada data hasil identifikasi kebutuhan pelatihan dan evaluasi hasil pelatihan

o    Standar VII: Standar Asuhan
Pengelola pelayanan kebidanan memiliki standar asuhan manajemen kebidanan yang diterapkan sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan kepada pasien.
Definisi operasional
a.        Ada standar manajemen kebidanan sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan kebidanan .
b.       Ada format manajemen kebidanan yang  terdaftar pada catatn medik
c.        Ada pengkajian asuhan kebidanan bagi setiap klien
d.       Ada diagnosa kebidanan.
e.       Ada rencana asuhan kebidanan
f.         Ada dokumen tertulis tentang tindakan kebidanan
g.        Ada evaluasi dalam memberikan asuhan kebidanan
h.       Ada dokumentasi untuk kegiatan manajemen kebidanan

o    Standar  VIII: Evaluasi dan Pengendalian Mutu
Pengelola pelayanan kebidanan memiliki program dan pelaksanaan dalam evaluasi dan pengendalian mutu pelayanan kebidanan yang dilaksanakan secara berkesinambungan .
Definisi operasional
a.        Ada program mutu pelatihan dan pengembangan
b.       Ada penilaian mutu proses pelatihan
c.        Ada penilaian mutu pelatih   

B.       KEWENANGAN BIDAN
Kewenangan adalah kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain yang disahkan oleh yang berhak mensahkan pemberian kewenangan oleh yang berhak mensahkan adalah Departemen kesehatan,dan kewenangan itu disebut kewenangan profesional dlm melakukan pekerjaanya.     Kewenangan Bidan diatur dalam kep. Menkes No.900/MenKes/VII/2002 Tentang Registrasi dalam Praktik Bidan ,di sini bidan berwenang untuk melakukan atau memutuskan suatu hal yang berhubungan dengan pekerjaanya.

C.       STANDAR PRAKTIK KEBIDANAN
       Standar praktik kebidanan dibuat dan disusun oleh organisasi profesi bidan  berdasrkan kompetensi bidan,dimana kompetensi ini lahir sebagai bukti bahwa telah menguasai
 Standar prakti kebidanan dibuat  dan disusun oleh  organisasi profesi bidan berdasarkan kompetensi bidan,di mana kompetensi ini lahir sebagai bukti bahwa bidan telah
 menguasai pengetahuan,keterampilan dan sikap minimal yang harus di miliki bidan sebagai hasil belajar dalam belajar.
                    

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.